Posted by : Dendi Abdul Rohim


Ini adalah postingan pertama gue tentang Elektronika. hehe Setelah belajar selama kurang lebih 10 pertemuan, di mata kuliah tertentu dosen ngasih tugas membuat suatu karya atau proyek sesuai dengan tujuan mata kuliah. Dan biasanya kalau ada project itu harus ngumpulin proposalnya terlebih dahulu. Nah di postingan gue kali ini, gue mau nge-share proposal-proposal yang ada di laptop gue yang berhubungan dengan dunia Elektronika tentunya. 
Proposal-proposal yang gue punya diantaranya

Proposal Running LED Sederhana [ Download http://j.gs/394831/proposal-running-led ]

Running Led
Rangkaian LED berjalan sebenarnya adalah pengembangan dari logika flip-flop yang merupakan dasar dari Rangkaian Logika Sekuensial. Rangkaian sekuensial adalah rangkaian logika yang memiliki output yang tidak tergantung pada inputnya saja tetapi juga pada outputnya juga. Selain itu juga rangkaian logika sekuensial dapat mengingat logika yang dijalankannya.
Untuk membuat sebuah rangkaian LED Berjalan sebenarnya relative mudah. Kita hanya membutuhkan IC counter untuk melakukan pencacahan dan juga bertindak sebagai timer. Selain itu kita juga membutuhkan gerbang yang dapat dirangkaia sebagai sebuah Rangkaian logika flip-flop.
Disini saya menggunkan sebuah IC555 yang merupakan IC counter dan sekaligus Timer yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Rangkaian penggunaan IC ini pun ada yang bersifat Monostable dan Astable. Pada rangkaian LED berjalan / Running Led ini saya menggunakan rangkaian Astable dan dikombinasikan dengan IC decode yang memilik 10 output dari keluarga IC4000. Dirangkaian Led berjalan yang akan kita buat, IC4017 akan bertindak sebagai Rangkaian Logika sekuensial.

Proposal Line Follower Analog [ Download http://j.gs/394831/proposal-line-follower ]

Line Follower Analog
Line Follower adalah robot sederhana yang dapat berjalan mengikuti garis, robot ini di desain untuk pemula dan menjadi robot pertama anda untuk belajar mengenai sistem kendali robot, melalui robot ini anda juga dapat mempelajari atau mengaplikasikan algoritma (AI) untuk sistem kendalinya. Robot ini dilengkapi dengan 3 buah sensor sebagai indera penglihatan terhadap garis, 3 sensor itu di pasang di sebelah kiri, kanan dan tengah, anda dapat menggunakan sensor ini sebagai pemicu kendali motor kanan dan kiri yang juga dapat di kendalikan melalui program. Line Follower ROBOT dirancang yang menggunakan dua motor kontrol roda belakang dan roda depan tunggal bebas. Ini memiliki sensor 4-inframerah pada bagian bawah untuk mendeteksi pita hitam pelacakan, ketika sensor mendeteksi warna hitam, output dari komparator, LM324 adalah logika rendah dan yang lainnya output tinggi.

Proposal Speaker Aktif Sederhana [ Download http://j.gs/394831/proposal-speaker-aktif ]

Speaker
Speaker merupakan alat yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Jika kita memainkan musik, maka akan ada suara yang keluar dari speaker. Akan lebih asyik lagi jika kita mencoba untuk membuat rangkaian speaker itu. Biaya yang dikeluarkan sangatlah murah. Bisa juga dibawa kemana-mana alias portable dengan menggunakan catu daya baterei. Pertama kali, kita harus tahu seperti apakah bentuk dari speaker itu, saya yakin semuanya pasti sudah tahu. Speaker terdiri dari berbagai bentuk dan spesifikasi. Rating dari speaker berupa daya maksimum dan impedansi. Sumber suara ( walkman / handphone ) bisa saja langsung disambungkan ke speaker tanpa rangkaian tambahan lagi. Seperti earphone yang kita pakai, tetapi konsekuensinya terhadap keras lemahnya suara yang dihasilkan. Telah kita ketahui bahwa suara yang dihasilkan dari earphone sangatlah kecil sekali sehingga harus diletakkan di telinga agar kita dapat mendengarnya. Bagaimana jika kita ingin mendengar suara yang dihasilkan oleh speaker tanpa perlu meletakkan di telinga alias suara yang dihasilkan keras.

Proposal Intercom Full Duplex [ Download http://j.gs/394831/proposal-intercom-full-duplex ]

Intercom
Rangkaian Interkom Full Duplex. Rangkaian ini memungkinkan untuk mengoperasikan dua pesawat interkom secara bebas, menggunakan tangannya sambil melakukan beberapa pekerjaan lain. Jadi menghindari modus operasi “push-to-talk”. Tidak ada perpindahan changeover yang  diperlukan, dua unit yang terhubung bersama melalui kabel.
Rangkaian  Interkom Full Duplex ini  menggunakan penguat daya audio IC TDA7052, mampu memberikan sekitar 1 Watt daya output pada tegangan suplai sekitar 6 – 12 Volt. Fitur yang tidak biasa dari desain ini adalah Q1 penguat mikrofon: 180 nya ° fase menggeser output audio diambil di Kolektor dan di-fase outputnya diambil di Emitter yang dicampur oleh C3, C4, R7 dan jaringan R8, R7 dipangkas sampai dua sinyal masuk hampir batal. Dengan cara ini, loudspeaker akan mereproduksi salinan sangat samar dari sinyal yang diambil dengan mikrofon.
Pada saat yang sama, karena keduanya Kolektor dari dua unit interkom terikat bersama-sama, 180 ° fase sinyal bergeser akan lolos ke audio amplifier dari unit kedua tanpa redaman, sehingga akan keras direproduksi oleh loudspeaker nya.
Operasi yang sama akan terjadi ketika berbicara ke dalam mikrofon dari unit kedua: jika R7 akan diatur dengan benar, hampir tidak ada output akan terdengar dari pengeras suara, tetapi sebuah reproduksi keras dan jelas akan terdengar pada output unit pertama.

Kali ini gue cuma bisa share 4 proposal aja, sisanya masih gue olah dulu.
Mau tau apa itu Apa itu PLD ( Programmable Logic Device ) ? yang 'katanya' bakal makin berkembang?

Thanks udah baca blog gue, semoga postingan ini bermanfaat buat kalian.

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. i like your blog design mas bro (y) ciamik.....
    salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ^^ Gua cuma bisa ngedit template blogger bikinan orang lain..
      salam kenal juga..

      Delete
  2. Atikel tentang 'Robotika' yang anda tulis sangat menarik dan bagus.
    Kita juga punya artikel mengenai 'Robotika', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://robotika.blog.gunadarma.ac.id/?p=285

    terima kasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Makasi, postingannya sangat membantu :D

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar elektronika

    ReplyDelete

- Copyright © 2014 Dendicious Blog - Yui-Lovers V2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -