Posted by : Dendi Abdul Rohim


Membuat kalkulator sederhana menggunakan Java Netbeans cukup mudah. Karena program yang di tulis tidak terlalu rumit, tapi memang perlu sedikit kesabaran karena lo pasti baru belajar make Netbeans, ya kan?
Program ini gue buat waktu di kasih tugas sama dosen mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Program yang gue buat ini cukup simple, nyari kodingannya lewat om Google. :D
Gue berusaha jelasin secara detail dari memulai Java Netbeans sampai program kalkulator sederhana selesai dibuat. Pastikan Netbeans IDE nya sudah terinstall dengan baik. Gue pake Netbeans IDE versi 7.2.1. Gue saranin lo pake Netbeans yang versinya ga terlalu jauh dengan yang gue pake.

It's time to begin.

Buat Project Aplikasi Baru

Buka Program Netbeans IDE yang sudah terinstall di PC.
Klik File --> New Project 

Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )

Pilih kategori Java, dan project Java Application
Lalu klik Next >
Membuat Project Aplikasi Java Baru
Tampilan Membuat Project Aplikasi Java baru
Nama project kita sekarang adalah KalkulatorSederhana.
Tips : Untuk project name saya sarankan tidak menggunakan spasi.

Lokasi project simpanlah di folder yang aman dan nyaman. hehe

Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Penamaan dan lokasi project java
Penamaan dan lokasi project java
Project baru telah selesai dibuat.
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat.
Source Packages masih kosong 

Persiapan desain interface Aplikasi Java

Setelah membuat project baru, selanjutnya adalah mendesain tampilan kalkulator yang akan kita buat.

Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form

Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.

Lalu klik Finish.
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, gue saranin pake Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya, pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).

Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout

Mendesain tampilan aplikasi

Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design TampilanKalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.
Desain kalkulator sederhana di netbeans
Desain kalkulator sederhana di netbeans
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif -->  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )

Agar sesuai dengan kodingan yang udah gue buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan.
Daftar nama variabel tiap komponen

Menulis kode java

Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java 
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
public class TampilanKalkulator extends javax.swing.JFrame {

String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;

Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.

Inilah kode- kode yang harus ditulis

Tombol 0 s.d 9
angka += "x";
display.setText(angka);
x sesuai dengan angka yang akan ditampilkan di display (JTextField)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol koma (,)
angka += ".";
display.setText(angka);
Menambahkan simbol koma/point

Tombol C (Clear)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";

Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

Tombol ( + ) 
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

Tombol (=)
        switch(pilih){
            case 1:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 + angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 2:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 - angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 3:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 * angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
            case 4:
                angka2 = Double.parseDouble(angka);
                jumlah = angka1 / angka2;
                angka = Double.toString(jumlah);
                display.setText(angka);
                break;
                default:
                break;
    } 

Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.

Penyempurnaan Tampilan

Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.

Mengatur Properti JFrame

Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
  • Isi title JFrame.
  • Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame di aplikasi kalkulator
Properti JFrame
Mengatur Properti JTextField

Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties

  • Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
  • Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 
Properti display kalkulator
Properti JTextField display

Menjalankan Aplikasi

Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Aplikasi Kalkulator Sederhana


Selamat, anda telah menyelesaikan satu project Java menggunakan Netbeans. :)

Download Projectnya

{ 31 komentar... read them below or Comment }

  1. Thanks Mas bro....sangat berguna sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama bro :)
      Thanks udah mampir di blog ane.

      Delete
  2. permisi mas brow saya mau bertanya mengapa di netbeans saya tidak ada absolute layout? sekarang saya menggunakan netbeans versi 7.2? mohon bimbingannya ni mas brow..
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan layout manager lainnya saja, yang penting hasil desainnya rapih bro.

      Delete
    2. bro bias ngerjain project netbeans juga g?
      professional ni
      085287339123

      Delete
  3. angkanya otomatis hilang kalo di + atau - atau x atau /
    gimana caranya kalo angkanya kelihatan semua
    contohnya : 1+2+3+4.. dst

    terima kasih coding nya
    saya sudah praktekan dan sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. di button aritmatikanya , ente rubah displaynya kyak gni
      display.setText(angka+"+");

      yang muncul cuma angka1+ nya doank , saat angka2 di input angka1nya ngilang :v ane cuma tau segitu , mungkin mastah di sini ada yang mau berbagi ilmunya..

      Delete
  4. rubah tampilan warna background gmn om ?

    ReplyDelete
  5. kuk pada tampilan awal ada "null" nya ya?
    jadi temilannya "null2" apabila saya ketik angka 2, dan tidak bisa di jalankan fungsi kalkulatornya???????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kode yang di tombol angka:
      angka += "x";
      tanda "+" nya dihilangin, jadi:
      angka = "x";

      Delete
    2. @irma , klo gitu entar tampilan angkanya satu satu, bkan berjajar.

      Coba di bawah coding ini
      public kalkulator() {
      initComponents();

      di tambah ini
      angka="";

      Delete
  6. iyaa , punyaku tampilannya juga null gtu, kenapa itu ??

    ReplyDelete
  7. lancar gan ..
    thanks ya broo ... :)

    ReplyDelete
  8. bro kok pas saya jlankan aplikasinya jadi kayak gini 1+1=2.0
    minta bantunya bro..,

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak, semoga ilmunya makin manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya
      Aamiin..

      Delete
    2. bisa minta kirim via email. koneksi disini di blok untuk situs pembagi data.klu gak via dropbox aja.. makasih gan

      Delete
  10. trimakasih gan, cukup bermanfaat dan cukup buat mengasah otak codingannya :) :p

    ReplyDelete
  11. bro pas mau build kok error ya errornya di bagian kurang bagi tambah kali itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  12. permisi, saya menggunakan program Eclipse, dikampus saya sudah tidak pakai jaca netbeans. apa skrip di atas bisa digunakan di Eclipse ? maaf saya bertanya sebelum mencoba. hehe

    ReplyDelete
  13. Ijin Copas ya..Buat Tugas.heheheheheheh

    ReplyDelete
  14. Terima kasih gan. membantu ane dalam memahami penanganan gui.

    ReplyDelete
  15. hasil dari sama dengan koq ada ".0" ya gan? gmn biar 10+2=12 bukan 12.0
    btw, ty sharing ilmunya... :)

    ReplyDelete
  16. thanks thir infonya.....
    membantu.... pke bgt.........^0^

    ReplyDelete

- Copyright © 2014 Dendicious Blog - Yui-Lovers V2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -