Posted by : Dendi Abdul Rohim


Sebagai programmer, kita harus punya editor yang bagus dan enak buat dipake. Ada beberapa pertimbangan buat milih editor menurut versi gue sendiri at least simple, multi platform, fast, stable dan banyak plugin/extensionnya. Bisa jadi kalau pake editor yang bagus bisa nambah produktifitas percodingan kita.  

Inilah 3 teks editor terbaik yang sering gue pake buat koding html, css, javascript, php, node.js dll. Ketiga teks editor bakal coba gue review sekaligus kasih plus minusnya.

1. Notepad++



Notepad++ adalah pengalaman pertama gue nulis sintaks pake tangan kosong. Dari awal rilis tahun 2003 sampai 2017 bisa dibilang banyak perkembangannya. Berbagai bahasa pemrograman kekinian sudah bisa disupport. Fitur autocompletenya sudah bagus. Kalau mau install plugin tambahan tinggal buka Plugin Manager di Menu Plugin lalu pilih Plugin yang ingin kamu install. Notepad++ sudah bisa terintegrasi dengan Tortoise SVN loh, jadi kamu bisa kontrol versi code langsung di dalam editor.

Kelebihan :

- Ringan buka banyak file 
- Memiliki fitur autocomplete
- Bisa install plugin tambahan
- Bisa terintegrasi dengan CVS Tortoise
- Free alias gratis

Kekurangan :

- UI nya kurang keren dibanding yang lain. Perlu adanya peningkatan standar UI yang lebih kekinian.
- Terlalu simple
- Hanya support di sistem operasi Windows

2. Sublime Text



Sublime Text ini termasuk teks editor favorit gue pas waktu kuliah ( 2012-2015 ). Si sublime text ini lebih ngedepanin fitur dan memiliki UI yang paling indah. Bukan cuma dijadiin pilihan alternatif IDE yang powerfull, tapi juga ringan, efisien dan ngasih autocomplete yang akurat. 

Karena banyak yang suka, sampai-sampai para developer pun berbondong-bondong bikin paket fitur tambahan yang. Gak tanggung-tanggung, ada sekitar 2.500 paket tambahan yang bisa kamu install di Sublime Text. Yang pasti bakal ngebantu kamu garap project keren. Contohnya projek sistem informasi rumah sakit yang keren itu (masih banyak bugsnya haha) dibantu pake Sublime Text.

Kelebihan :
- UI & UX nya keren, simple dan bisa dikostumisasi sesuai selera.
- Banyak plugin tambahan yang tersedia & bisa kamu install. Plugin tambahan itu bisa kamu tambahin dalam satu klik.
- Banyak template snippet, gampang disetting.
- Bisa dipake di sistem operasi macOS, Windows dan Linux

Kekurangan :
- Kamu harus bayar $ 70 ( Rp 932.750,- ) kalau mau mendapatkan lisensi resminya.

3. Visual Studio Code




Visual Studio Code adalah editor teks buatan Microsoft yang bisa dipakai di sistem operasi Windows, macOS dan Linux. Walaupun buatan Microsoft, tapi editor teks yang baru lahir tahun 2015 ini gratis dipakai siapa saja tanpa perlu membeli lisensi.

Editor yang bisa dibilang kekinian ini memang punya fungsi paling komplit. Dari autocomplete, kostumisasi UI, banyak extension dan sudah built in Git source control didalam editornya. Selain yang disebutin tadi, editor teks yang satu ini juga punya fungsi-fungsi yang dibutuhin buat debugging loh. Buat ngakomodir fitur debugging nya, di Visual Studio Code, kamu bisa lihat CLI langsung di dalam IDE nya.

Kelebihan :
- Memiliki fitur autocomplete & syntax highlighting
- UI nya bisa diganti-ganti sesuai mood
- Berbagai macam bahasa pemrograman modern sudah support
- Banyak extension yang tersedia dan terus dikembangkan
- Manajemen source code sudah terintegrasi dengan Git  
- Bisa nampilin CLI di dalam editor teks nya
- Open Source & Gratis

Kekurangan :
- Agak lambat
- Extension kurang banyak. Pasti akan terus bertambah & lebih baik.
- Agak sedikit lambat

Kesimpulan 

Teks editor adalah "senjata" yang dibutuhkan para developer untuk menunjang pekerjaan mereka. Semoga review 3 teks editor populer terbaik buat ngoding ini bisa bantu kamu ngambil keputusan milih teks editor yang lebih kamu suka dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kalau kamu punya opini lain, jangan ragu buat cerita di kolom komentar di bawah ini. 

Kalau kamu suka artikel ini, klik like & share.

Isi alamat email dikolom subscribe biar kamu selalu dapat info terbaru dari blog ini lewat email. 


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Hi,I want to recommend you a mobile app AmazingCart which is a Unique 100% Native Mobile application for your Online Store. You only need to choose the theme, name and the logo. Install the plugin into your CMS (WooCommerce, Magento, Opencart and PrestaShop). No coding skills required! Our support team will help you every step of the way from setting up the application to uploading it to AppStore or Google Play. Quick installation in few clicks, modern design and interface, free updates, no monthly fee, regular content update!
    Try demo right now!
    http://amazingcart.us/

    ReplyDelete

- Copyright © 2014 Dendicious Blog - Yui-Lovers V2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -