Apa itu Wedha’s Pop Art Portrait WPAP

Ini contoh hasil WPAPnya karya teman saya Harwinsyah
Kebetulan modelnya saya sendiri hehehe
Postingan ini cuma mau ngenalin aja tentang seni vektor WPAP, singkatan dari Wedha’s Pop Art Portrait. Nama ini belakangan menjadi populer di ranah dunia maya (baca: Facebook). Sebelum menjadi nama WPAP dulunya masih disebut FMB (Foto Marak Berkotak).

Proses perjalanan berkarya Pak Wedha selama puluhan tahun itu membuahkan hasil lantaran karya WPAP kini semakin berkembang dan “meracuni” pecinta vektor dan pelaku seni vektor di Indonesia.

Karena dalam WPAP adalah seni membuat lukisan vektor dalam bentuk foto maka kemiripan terhadap seorang model atau figure yang menjadi objek acuan adalah mutlak dan tidak bisa dihindari.

Proses pembuatannya memang menggunakan teknik menjiplak (baca: tracing) dengan komputer, namun tracing yang disajikan di sini adalah tracing yang kreatif. Artinya tidak melulu meniru apa yang terdapat pada foto tersebut.

Desainer WPAP sah-sah saja memodifikasi dan mengganti warna yang sama sekali tidak sama dengan foto. Terpenting adalah mirip.

WPAP bisa dibuat menggunakan Corel atau Adobe Illustrator. Banyak tutorial yang membahas trik membuat vektor WPAP ini. Seperti contoh dibawah ini saya dapatkan di Youtube. Untuk tutorial yang lainnya bisa kamu cari sendiri ke Mas Google :D


Kalau mau lebih tau lagi tentang WPAP, bisa ngunjungin markas besarnya di http://wpapcommunity.com/wpap/.

Selamat mencoba :)


Comments

  1. seandainya ada apps buat bikin pop art gini di android hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Java Netbeans

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans

Mudahnya Menulis dengan Huruf Korea (Hangeul)