Mudahnya Menulis dengan Huruf Korea (Hangeul)

Annyeong haseyo... itulah yang sering diucapkan orang korea saat menyapa orang lain. Begitu pun Saranghaeyo.. yang sering diucapkan di lagu-lagu k-pop kesukaan kamu. Seiring berkembang sangaaat pesatnya Halyu Wave, semua hal tentang Korea pun jadi sorotan yang menarik buat dipelajari.
Naah, sudah bisa ngomongnya, gimana kalo kita belajar membaca dan menulis huruf korea?
Sebelum pake keyboard, mending pake pensil dulu deeh nulisnya biar gampang nempel di otak. hehe

Pelajaran Pertama

Dibaca : Hangeul
Pelajaran pertama yaitu mengetahui aturan-aturan yang belaku. Bisa dilihat gambar kalimat hangeul diatas. Nah, yang berwarna kuning itu adalah huruf depan, berwana biru itu adalah huruf vokal, berwarna hijau adalah huruf belakang. Template inilah yang selalu kita gunakan saat menulis kata dalam huruf Hangeul.

Pelajaran Kedua

Mengenal huruf-huruf. Perhatikan kotak yang diberi warna biru muda adalah huruf-huruf basisnya.
Huruf Depan
Sedangkan huruf yang diberi kotak biru tua adalah hanya penggandaan dua huruf dari basis, contohnya g ㄱ yang berubah menjadi kk ㄲ.

Huruf Vokal
Pada huruf vokal, lihatlah huruf-huruf Dasar pada baris pertama. Itu lah huruf-huruf vokal basisnya.

Huruf Belakang
Pada dasarnya huruf-huruf belakang sama seperti huruf yang di depan. Tetapi ada aturan-aturan tambahan yang biasanya sebagai penghubung antar kata. Jika dalam kata memang hanya ada dua huruf hangeul dan huruf setelahnya tidak ada aturan tambahan maka huruf belakang ini tidak digunakan. Contohnya jika menulis  nama "YU RI = 유리".
Aturan tambahan itu seperti yang kamu lihat pada jajaran huruf "L", huruf "lg" adalah penyatuan hangeulnya huruf l dan g, dst.
Tetapi ada yang berbeda pengucapannya, huruf/konsonan "s ㅅ" jika ditempatkan di huruf belakang, pengucapannya menjadi "t ㅌ". Contoh di tulisannya Hot bukan 홑 tapi 홋

Latihan

Practice makes perfect. Oke langsung saja latihan membuat kata. Mulai dari kata-kata sederhana dalam bahasa Indonesia seperti budi, mandi, di, kali. 
Karena hangeul dituliskan berdasarkan cara pengucapan, jadi kamu bisa nulis apa saja dalam huruf hangeul disesuaikan dengan pengucapan. contohnya nama "jacky" jika dibaca "jeki" dan jika ditulis dengan hangeul menjadi "je ki".
Jika setiap hari menulis nama teman-teman kamu, nama artis-artis korea dan sebuah kata dalam bahasa korea lama kelamaan kamu pasti bisa membaca lancar kalimat yang ditulis dengan huruf korea.

Contoh penulisan yang ada huruf depan, huruf vokal dan huruf belakang :
Shin dong : S=ㅅ, i=ㅣ, n=ㄴ jadi dan d=ㄷ, o=ㅗ, ng=ㅇ jadi
Gang nam : G=ㄱ, a=ㅏ, ng =ㅇ jadi n=ㄴ, a=ㅏ, m=ㅁ jadi
Ban dung : B=ㅂ, a=ㅏ, n=ㄴ jadi d=ㄷ, u=ㅜ, ng=ㅇ jadi

Contoh penulisan yang hanya ada huruf depan dan huruf vokal :
Kim Tae Yeon = 김
Park Cho Rong = 팍
Den di =덴
Kam pu seu = 캄푸

Contoh penulisan yang hanya ada huruf vokal dan huruf belakang :
Jung Eun Ji = 중
Im Yoon Ah = 임윤아
Al fi =


Download E-Book Belajar Berdialog Dengan Bahasa Korea

Note : Artikel ini hanya menuntun kamu agar bisa membaca dan menulis dengan huruf hangeul. Untuk lebih jelasnya, banyaklah membaca referensi tentang hangeul. Penulis juga masih belajar lagi :D

Comments

  1. 감사함니다

    ReplyDelete
    Replies
    1. gamsahamnida?

      Delete
    2. its not 감사합니다?

      Delete
    3. Gan kalo nma saya tulisannya gimna
      Realdy
      22 februari 1996

      Delete
    4. 미안함니다
      Saya mau tanya tentang contoh yang " shin dong "
      Kenapa dalam bentuk korea huruf H nya dihilangkan ?

      Delete
    5. Kenapa huruf m menjadi b pada hamnida?

      Delete
    6. karena sebenarnya habnida bkn hamnida 감사합니다 .

      Delete
    7. karena sebenarnya habnida bkn hamnida 감사합니다 .

      Delete
  2. 감사함니다

    ReplyDelete
  3. 私わからない

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukanya harus ada partikel ”は” setelah ”私”

      Delete
    2. Biasanya sih org jepang cmn bilang wakaranai aja. Tanpa ada watashi nya.

      Delete
    3. 俺もわからんよこのランゲージ

      Delete
  4. anyeonghaseyo...bleh nanya gak cara nulis nama gak ?
    klo bleh apa hangeul nama oktavia
    Gamshamnida...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oktavia,bacanya oktaviya apa oktavia? hangeul tuh sesuai bacanya gimna,jadi klo bacanya oktaviya gini 옼 타 피 야

      Delete
  5. hai oktavia, makasih udah ngunjungin blog saya.
    kalo nulis kata selain bahasa korea biasanya ditulis dengan cara bacanya.
    옥=ok 타=ta 피=pi 아=a
    옥타피아

    ReplyDelete
  6. Kalo nadya Ω̶̣̣̥̇på? Нεнε ¨☺¨ нεнε ¨☺¨ нεнε , ♍ǟú nanya doang....

    ReplyDelete
  7. selvi oktaviani jadi : 셀피 옥타피아니 bukaan yah ?? bener gak..

    ReplyDelete
  8. aku mau tanya bedanya pakai ㅍ,ㅂ ,ㅃ itu apa.. trus ada watunya gak kl kita mau memakai huruf2 tadi... trus kl ㄹ berubah jadi suara jadi l itu pas di akhir kata aja? *maaf banyak nanya XD

    ReplyDelete
  9. kalo RAFIDAN HISHAM ALFATIH nulisnya gmn....? hehehe...

    ReplyDelete
  10. "okta" tulisan koreanya gmna?

    ReplyDelete
  11. ada yang tau artinya "아쿠 카엔 방에 사마 카무" tolong kasih tau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hurufnya aja bahasa korea, dibacanya tetep kalimat berbahasa indonesia "Aku kangen banget sama kamu".

      Delete
    2. salah tuch...kalau yang di maksud "aku kangen banget sama kamu" bukan gitu nulisnya...

      아구 강엔 방엤 사마 가무

      huruf k-nya pake yg ㄱ(k/g) bukan ㅋ(kh/gh)...trus tulisan kangen (ng latin di bagian bawah pake ㅇ) kalau 에 bacanya e jadi tadi bacanya kaen...huruf vocal gak bisa berdiri sendiri harus ada ㅇ di depannya...kalau mau jadi "ng" harus di letakkan di bawah gak bisa berdampingan dengan huruf vocal di posisi depan...

      Delete
    3. Nah...mau tanya, kalau ss sama t yang gini(E) bedanya gimana? Itu kan yang 'banget' pakai ss?

      Delete
  12. 'Menulis' 단어는 무슨 뜻이에요??

    ReplyDelete
  13. macam mana nk tulis ' crying' dalam tulisan korea

    ReplyDelete
  14. Mau tnya, blh g? Namkor temenku Cho Shei Ra blh tau gmna nulisnya?

    ReplyDelete
  15. Kalo "ratu adilah siltea putri" ? Tolong yaa please banget

    ReplyDelete
  16. Kalo Carissa Putri apa ? Trus nulis hangul itu dari atas ke bawah atau nulis biasa dari samping ? Please banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. 카 리 사 = ka ri sa
      풋 리 = put ri
      dari kiri ke kanan

      Delete
  17. Annyeonghaseo.. Boleh nta no yg dihubungi gak .. Sya mau tanya tanya..
    Gamshamnida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau tanya2, message fb aja :)

      Delete
    2. apa nama FB nya ?

      Delete
    3. NUmpang Tanya Lw EdwinAffandy Koreannya gMANA
      Ghamsahamida

      Delete
    4. 엗윈 앞판디

      Delete
  18. Thanks Gan,, ni sangat bermanfaat,,,, Success selaluuuu :D

    ReplyDelete
  19. Kalo rifqi pamaseta gimana tulisan koreanya?

    ReplyDelete
  20. kalo nofia tulisannya gimana ?

    ReplyDelete
  21. Kalo nulis kevin gimana ?
    Sma nama korea keVin
    Ak lhir tgl 7 6 2000
    Tq
    #kalo tw , lgsung reply/invt 2b13252e

    ReplyDelete
  22. Kalo Rizka Abukasi jadinya
    릿카아부카시

    Gitu yaa?? Kalo salah kasih tau yaa..hehe gumawo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. s=ㅅkalau disimpan di huruf belakang pengucapannya jadi T. contohnya HOOT ( album snsd ) nulisnya 훗 . Coba lihat cara nulis SISTAR (dibaca sista) 씨스타= ssi seu tar. Jadi yang bener 리스카 아부카시..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Oohh..yayaya.. 아라소요.. 고마ㅝ요..
      ^^//

      Delete
  23. kalau misalnya "nginap" penulisannya gimana ?

    ReplyDelete
  24. ada unsur penggabungan hurufnya ya??

    ReplyDelete
  25. Mau tanya apa beda nya ㅂ sama ㅍ , ㄷ sama ㅌ , ㄱ sama ㅋ ? ㄱ오마워 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda cara bacanya
      ㅂ= b
      ㅍ = ph
      ㄷ= d
      ㅌ= th
      ㄱ = g/k
      ㅋ= kh
      tapi sekarang orang korea b sama p suka disamain..

      Delete
  26. Mauu tanya dongg, kaloo nulis vania natasha itu hangulnya gmn?

    ReplyDelete
  27. anyeonghaseyo saya sekolah jurusan bahasa tapi nggak ada jurusan bahasa korea tapi saya mau belajar bahasa korea kira kira ada refrensi tentang bahasa korea enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka aja talktomeinkorean.com disitu udah lumayan lengkap

      Delete
  28. Kak klo amara?

    ReplyDelete
  29. @dendiabdul : kakak bisa bahasa korea studi ke korea atau memang studi di perguruan indo yang mempelajari bahasa dan sastra korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha
      aku cuma iseng aja belajar hangeul
      dibantu juga sih sama temen SMA dulu hehe

      Delete
  30. 나젷무아ᄍ암

    ini nama saya "najeh mu'azzam"... bener ga om tq pencerahannya :) :)

    ReplyDelete
  31. masih belum paham

    ReplyDelete
  32. saya masih bingung , gimana nempatin hurufnya disamping , didepan atau dibawah . krena setelah saya coba nulis beberapa nama artis korea smua hurufnya saya tulils kesamping , cont ; seperti Kyuhyun . sy menulis K. YU .H. YU . N semuanya saya tulis kesamping tapi setelah saya liad contoh ternyata huruf K kemudian huruf YU ada dibawahnya. kemudian huruf H dan YU ada berdampingan dan N ada dibawah. saya mmasih tidak mengerti bagaimana menempatkan huruf harus dibawah , disamping atau diatasnya, karena semua huruf saya tulis kesamping. mohon penjelasannya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget aja kalo huruf vokal a, i, e, ae nulisnya pasti kesamping sama kaya ya, yae, ye
      kalo huruf vokal u, o, eu atau yu, yo nulis hurufnya pasti kebawah. posisinya bisa di tengah
      sorry di postingan ini kurang lengkap jelasinnya

      banyak latihan lagi, yang nulis blog ini juga belajarnya engga sebentar :)
      fightaeng~

      Delete
  33. kalau 'anggoro' gimana?

    ReplyDelete
  34. Min , kalau Ratna Dewi tulisan hangul ny kaya gimana ??

    ReplyDelete
  35. kalau azzahra hangul nya kyk gmn?

    ReplyDelete
  36. Annyeong. Boleh nanya?kalo boleh nabila hangeulnya kaya gimna?

    ReplyDelete
  37. Min kalo huruf F hangulnya gmna?

    ReplyDelete
  38. Kalo Hani, Anggi, Pupu, Vio gimana min? Reply yaa miinnn. Please :)

    ReplyDelete
  39. Nanya dongg!!! Kalo 'Diah radhita Kurniawati? Reply ya please :)

    ReplyDelete
  40. gan boleh tanya ga...
    kenapa di kolom huruf basis pertama penulisan huruf "r" sama cara penulisannya dengan huruf "l" di kolom basis kedua
    kenapa ya gan ?
    maaf kurang mengerti sayanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena hangeul ㄹ bisa r atau l tapi ada aturannya

      Delete
  41. Selamat malam ka!!!nama saya “wungu setiadi” mhon bantuannya di tulis nama saya ke dalam bahasa korea/hangul!!!terimakasih

    ReplyDelete
  42. Selamat malam min!!!nama saya “wungu setiadi” mhon bantuannya di tulis nama saya ke dalam bahasa korea/hangul!!!terimakasih

    ReplyDelete
  43. Siang ka klo nulis bahasa korea/hangul dari ( WUNGU SETIADI ) gmna?mksh

    ReplyDelete
  44. gan mau tanya, bagaimana cara agar di Home Postingan yg ada di Thema ini bisa keluar banyak kyk agan ...
    saya juga pakai tema yg sama.... mohon panduan.a
    @irfanmuse

    ReplyDelete
  45. Nanya dong ..
    kalo huruf ㄹ ditaro didepan kan dibaca R, kalo ditaro dibelakang jd L ..trus kalo mau nulis huruf L didepan itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga ditulis ㄹ nya.
      contoh Lee Jun Ho ( baca : li jun ho) nulisnya 이준호 ( i jun ho )

      Delete
  46. Terus klo kita mau nulis huruf ㄹ dibelakang gimana min ?

    ReplyDelete
  47. kalau cara penulisan kata Hyung bagaimna?Saya tunggu.Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory, tapi hyung = kakak cowok dari adek cowok, penulisannya hyeong bukan hyong ^^v

      Delete
  48. Kalo tulisan Elsa bener gini gak ?
    어ㅣ라

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tulisan kamu dibaca jadi eo-i-ra haha
      hafalin lagi bentuk huruf hangeulnya, 엘사

      Delete
  49. Min kalo tiara gimana??

    ReplyDelete
  50. Min tulisan korea tuk nama
    Wita & dion pa y min
    Tolong y min
    Gamshahamida

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal liat di daftar huruf hangeulnya
      wi-ta 위타
      di-on 디온

      Delete
  51. Kalo ' love you ' tulisan.a gmn kak? Soal.a kn huruf L kalo di depan kata.a ga ush ditulis?

    ReplyDelete
  52. makasih ya, ini yang paling gampang dimengerti :D udah kucatat malah supaya bisa terus latihan. anyway aku udah baca about.me kamu, lucu banget kamu suka SNSD, aku juga, tapi biasku Tiffany, Sooyoung, Jessica. suka SNSD sejak kapan? terus kok bisa? jarang banget nemu fanboy nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, makasih udah berkunjung ke blog ini
      iseng aja.. dari SMA deket sama temen yang suka k-pop
      masa baru nemu fanboy? coba buka KaskuSone. disitu kebanyakan fanboy haha

      Delete
  53. Saya masih bingung deh jara menempati 'ㅇ' dalam kalimat gimana ya? Itukan 'ng' jadi gini kan '사랑' kenapa ga gini aja '사란ㄱ' ??? Atau gini '이' kenapa ga '리'???? Makasih :)

    ReplyDelete
  54. Penulisan nama saya dalam huruf hangul apakah seperti ini 푓피타 리나 = Poespita Rina

    ReplyDelete
  55. kalo Yulfa devi muhaira gimana min ?

    ReplyDelete
  56. Cara nulis Nathasya Alin gimana? ^^

    ReplyDelete
  57. Kalo Muhammad Solikhin gimana nulisnya..? Makasih

    ReplyDelete
  58. huruf hangeulnya
    EONJENGA DANGSIN I NAE ANAE BALABNIDA
    apa?
    Gomawo buat jawabannya...

    ReplyDelete
  59. Kalo Aldi Surya Lesmana gimana? (sur-ya)

    ReplyDelete
  60. Boleh tanya ga? Nama korea aku 'Jung Eunseok' tulisan korea nya gimana ya? Gomawo

    ReplyDelete
  61. kalo dewi ?
    trus nama korea aku Lee sun hwa gimana

    ReplyDelete
  62. kalo ayu?
    nama korea ku kim rae in

    ReplyDelete
  63. Annyong haseo..
    Halo kak, nanya dong.
    Kalo kiky gimana ?
    Sama kalo rizky amelia afifah gimana ?
    Gomawo

    ReplyDelete
  64. annyeong,konnichiwa! (^-^)/ baru belajar bhs korea >.< kalau sebelumnya aku bljr bhs jpn udh bisa dan lancar untuk baca & tulis (kanji masih dlm pembelajaran & latihan tulis) menurutku bljr tidak ada yg susah tapi setelah aku coba" utk tulis annyeong,nugu,dll pake hangul aku masih salah setelah aku check di google translate >.< dan ternyata ada pemakaian huruf dpn,vokal,dan blkg (beda bgt sama jpn,jadi akunya bingung O.O) tolong bantuannya.. お願い先輩!>.<

    ReplyDelete
  65. Careless Heartless MindlessSeptember 16, 2014 at 5:51 PM

    eum cuma mau betulin aja ya kakaaa....
    di situ ditulis Park Cho Rong = 팤초롱, tapi bukannya yang bener itu 박초롱?? :o

    di sini banyak banget yang nanya nanyain nama mereka dalam tulisan hangul, padahal di atas udah dikasih contoh tinggal dirangkai-rangkai aja kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya aku salah nulis. makasih ya koreksinya :)

      betul. mungkin cara penyampaian di blog ini kurang mereka dipahami.

      Delete
  66. Kalau eyi gimana? Nama lengkap aku eyi brimania. Udah nyoba rangkai kedalam hangul, tapi akunya bingung -_-

    ReplyDelete
  67. makasih ya post nya bermanfaat banget, aku juga baru baru blajar bahasa korea.kkk

    ReplyDelete
  68. mau nanya kalaw nama husnul khatimah bagai mana tulisan hangulnya ?

    ReplyDelete
  69. maaf ya ,, klo mau tulis huruf yg ada huruf "y" nya gmana ya? contohnya rizky ? :D minta bantuannya ya ;)

    ReplyDelete
  70. Kalau almira gimana?

    ReplyDelete
  71. kakk ,, kalo siti hanifah gimana cara nulis ??

    ReplyDelete
  72. Kalau Dwi Rani Nuraini gimana tulisanya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 되 라니 누라아니, apakah benar?

      Delete
  73. Dwi Ayu Anggaraeni seperti ini kah?
    되 아유 앙가라에니?????

    ReplyDelete
  74. Kalo nabila ajeng karisma dewi gimana min?

    ReplyDelete
  75. kalo putri dewi lestari bisa gak ?


    ReplyDelete
  76. Saya mau nanya.. nama saya kan Tyas, sedangkan menulis nama dalam bahasa korea huruf 's' yang terletak di belakang akan berubah jadi 't', gimana cara menulisnya yang benar?

    ReplyDelete
  77. Park soo won

    Gumawo,, ini berguna bgt buat aku yg baru mau belajar bahasa korea
    Oh iya kalo park soo won itu tulisanny gmn bisany baru nulis park soonya aja 박수

    ReplyDelete
  78. kalo "ayuni" tulisan koreanya gmn ya? tq

    ReplyDelete
  79. Kalo park so young
    Gimanah tuh hangeul nya..

    ReplyDelete
  80. Kak kalo nama korea Ega mariam apa ya? Lahir tgl 13 05 1999

    ReplyDelete
  81. 아 주 수 자 자 무, 아 주 사 양 자 무, 타 비 자 무 각 진 타 아 주...?????
    Ayo coba di artisan heehee

    ReplyDelete
  82. 이 구 수 가 가 무, 이 구 사 양 가 무, 타 비 가 무 탁 진 타 아 구....???
    Coba yg ini heehee

    ReplyDelete
  83. Annyonge,kak kalau tulisan hangeulny FAIRUZ gmana kak?
    Gamsahamnida

    ReplyDelete
  84. Annyeong, eon? Oppa? kalau nulis Huruf hangeul.y Mahira Gmna?

    ReplyDelete
  85. Kalo Mia Adelwes gmna tulisannya ?

    ReplyDelete
  86. Kalo Ria Milasari tulisan hangul nya gmn ya? Tq

    ReplyDelete
  87. Gimana kalo Septi Niranda kak?

    ReplyDelete
  88. Bang boleh nanya??
    Gimana cara kita buat praktekin tanya jawab bahasa korea..
    Gumawo...
    Replay ...please..

    ReplyDelete
  89. kalo nulis sayyid gmna min? blum ngerti :D

    ReplyDelete
  90. makasih banyak buat tutornya gan,, ijin coba yaa..

    http://acemaxsok.com/obat-penyakit-diare-herbal-alami/

    ReplyDelete
  91. Annyeong seyo 안 녕 세 요... gimana ya cara nulis huruf c,v,x,z dan lain-lain yang tidak ada di atas? Trma ksih untuk blog nya kamsahamnida 캄 사 함 니 다""'

    ReplyDelete
  92. maaf saya nyoba kenapa hurufnya ga mau gandeng T_T
    Misal yg contohnya itu bikin Shin : S=ㅅ, i=ㅣ, n=ㄴ harusnya jadi 신
    tapi punyaq jadi ㅅㅣㄴ tetep g mau gandeng..
    gmn caranya??

    ReplyDelete
  93. Kalau nama ku : ryssadila ,tapi nama korea ku kim yong sang...gimana tulisan ryssadila

    ReplyDelete
  94. makasih
    bekal buat ikutan tes klpt

    ReplyDelete
  95. ech trus nama ku kan Prisna tulisannya gimana q nggak ngerti ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya, kalau ga salah tulisanya 브리스나

      Delete
  96. Annyeong �� boleh nanya?kalo "Gladys Naval Rizkianti" gmn ya tulisannya?gomawo :3

    ReplyDelete
  97. makasih banyak buat infonya gan

    http://goo.gl/WkPZ2C

    ReplyDelete
  98. Kamsahamnida ��

    ReplyDelete
  99. Gomawo ching artikelnya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  100. Kalo nama "wahyu" dalam tulisan korea itu bagaimana ya gan?

    ReplyDelete
  101. Kalo nama " anespa atos" tulisan koreanya gimana gan? makasih sbelumnya...

    ReplyDelete
  102. Kalo nama " anespa atos" tulisan koreanya gimana gan? makasih sbelumnya...

    ReplyDelete
  103. Kalo Nur Aprianti gmna tulisan koreanya?

    ReplyDelete
  104. Kak mau nanya, kan kalau di contoh itu kata 'Fi' jadi '비' (p+i) tapi waktu aku baca profil member BTS 'V' (re: vi) hangeulnya '븨' kan hangeul itu menurut cara bacanya dan pengucapan 'Fi' lebih mirip yang 븨 (p+ui). Tapi yang bener yang mana? soalnya nama aku Fiola

    ReplyDelete
  105. 에린 /에런 itu bacanya erik atau apa,terus bagaimana? caranya menghafal kata kanjinya ?

    ReplyDelete
  106. Kak Klw adelia afrima putri gimana tulisan koreanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 아데리아 아프리마 푸트리

      Delete
  107. Klo tulisan hangulnya riska gimana ya?

    ReplyDelete
  108. Masih rada-rada bingung-_-
    Kalo misalnya cresna dewi elfida tulisannya jadi gimana? Soalnya diliat dari tata caranya ga semua alphabet ada di huruf hangeul

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Absensi Pegawai Menggunakan Java Netbeans

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans